Wednesday , July 25 2018
Home / Artikel Kesehatan / 11 Tanda Gejala Penyakit Jantung

11 Tanda Gejala Penyakit Jantung

Tak semuanya penyakit jantung datang dengan gejala atau peringatan yang pasti. Tidak pula seperti di film-film yang menunjukkan bahwa orang yang mempunyai penyakit jantung merasa sakit di dada lalu tiba – tiba jatuh. Sebagian gejala penyakit jantung bahkan tak berlangsung dibagian dada, oleh karena ituditakgampang mengetahui gejalanya.

” Bila Anda ragu, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter, ” kata Charles Chambers, MD, direktur Laboratorium Kateterisasi jantung di Penn State Hershey Heart and Vascular Institute.

Sikap hati-hati Itu sangat dibutuhkan jika Anda memiliki kelebihan berat badan, mengidap penyakit diabetes, Kolesterol tinggi, atau hipertensi, kata Vincent Bufalino, MD, juru bicara American Heart Association.

” Semakin banyak faktor resiku yang Anda miliki, semakin Anda harus perduli mengenai apapun yang mungkin saja terkait dengan jantung. ” Berikut ini 11 tanda-tanda yang paling harus Anda cermati.

1. Ketidaknyamanan di dada

Ini yaitu sinyal yang paling umum dari bahaya jantung. Bila arteri Anda terhalang atau mengalami serangan jantung, Anda mungkin saja bakal merasa sakit, sesak, atau terasa ada desakan pada bagian dada.

” Tiap-tiap orang mempunyai kata yang tidak sama untuk ketidaknyamanan itu, ” kata Chambers. ” Sebagian orang menyampaikan seperti ada gajah duduk di dada mereka. Orang yang lain menyampaikan rasa-rasanya seperti dicubit atau terbakar. ”

Ketidaknyamanan ini umumnya berjalan lebih lama dari lebih dari satu menit. Serta mungkin saja berlangsung saat Anda tengah beristirahat atau saat tengah beraktivitas fisik.

Bila rasa sakit cuma berjalan begitu singkat – atau ada satu ruang yang sakit saat Anda tekan, mungkin saja masalahnya bukanlah di jantung, kata Chambers. Tetapi bila tanda-tanda terasala lebih kronis serta tak hilang dalam lebih dari satu menit, cepatlah ke rumah sakit.

Anda tetap harus ingat, Anda mungkin saja mempunyai permasalahan jantung – bahkan juga serangan jantung – tanpa ada diikuti rasa nyeri dada. Hal semacam ini berlaku lebih banyak di golongan wanita.

2. Mual, mulas, atau sakit perut

Sebagian orang mempunyai beberapa gejala diatas kala terjadi atau sebelumnya terjadi serangan jantung. Sebagian di antaranya ada yang alami muntah-muntah. Sekali lagi, hal semacam ini semakin banyak berlangsung pada wanita.

Sudah pasti, sakit perut tidak selamanya terkait dengan sakit jantung. Terlebih, bila Anda selesai menyantap suatu hal yang mencederai pencernaan Anda. Namun, tetaplah, Anda perlu mengerti kalau hal semacam itu dapat juga terjadi selama serangan jantung.

3. Nyeri yang menebar ke tangan

Tanda-tanda lain serangan jantung yang classic yaitu nyeri yang menyebar ke segi kiri badan. ” Umumnya diawali dari dada serta bergerak ke arah luar, ” kata Chambers. ” Namun ada pula sebagian orang yang alami rasa sakit di lengan lebih dahulu baru alami serangan jantung. ”

4. Pusing

Beberapa hal yang dapat buat Anda kehilangan keseimbangan atau pandangan berkunang-kunang selama beberapa saat. Mungkin saja Anda kelaparan atau kehausan, atau Anda berdiri dengan mendadak dari posisi duduk.

Tetapi, bila rasa pusing serta goyah diimbangi dengan ketidaknyamanan di dada atau sesak napas, hubungi dokter secepatnya.

” Ini dapat bermakna tekanan darah Anda turun dikarenakan jantung Anda tak dapat memompa melalui cara yang semestinya, ” kata Bufalino.

5. Sakit tenggorokan atau rahang

Dengan sendirinya, tenggorokan atau rahang merasa nyeri mungkin saja saja tak berkaitan dengan permasalahan jantung. Mungkin saja lantaran permasalahan otot, flu atau sinus.

Namun, bila Anda terasa sakit atau seperti ada desakan di dalam ruang dada yang yang menebar hingga ke tenggorokan atau rahang, itu dapat jadi sinyal serangan jantung.

6. Gampang lelah

Bila Anda mendadak terasa capek waktu atau sesudah lakukan suatu hal yang umumnya enteng untuk Anda untuk mengerjakannya, seperti naik tangga atau membawa belanjaan dari mobil – selekasnya buat janji dengan dokter Anda selekasnya.

Kelelahan ekstrim yg tidak terang penyebabnya, kadang-terjadi sepanjang berhari-hari, dapat jadi tanda-tanda dari serangan jantung, terlebih untuk wanita.

7. Mendengkur

Sedikit mendengkur waktu Anda tengah begitu nyeyak, terlebih bila Anda begitu capek sesudah sepanjang hari melakukan aktivitas, yaitu hal yang normal. Namun, dengkuran yang begitu keras, terengah-engah serta terkadang seperti tersedak, dapat jadi sinyal sleep apnea atau berhenti bernapas sesaat saat tidur.

Hal semacam ini mengakibatkan desakan ekstra pada jantung serta bukanlah suatu hal yang baik untuk dilewatkan. Berkonsultasilah dengan dokter spesialis permasalahan tidur untuk mengatasinya.

8. Berkeringat dingin

Keluar keringat dingin tanpa ada argumen yang pasti dapat mengisyaratkan serangan jantung. Bila ini berlangsung berbarengan dengan satu diantara tanda-tanda yang lain, hubungi service darurat medis selekasnya.

9. Batuk berkepanjangan

Dalam umumnya masalah, ini bukanlah sinyal masalah jantung. Namun bila Anda mempunyai penyakit jantung atau tahu Anda masuk kelompok berisiko tinggi, berikan perhatian spesial pada peluang bakal ada serangan jantung.

Bila Anda batuk berkelanjutan dibarengi keluarnya lendir putih atau merah muda, itu dapat jadi sinyal dari tidak berhasil jantung. Hal semacam ini berlangsung saat jantung tidak bisa penuhi tuntutan badan, hingga mengakibatkan darah kembali atau berbalik arah kedalam paru-paru.

10. Kaki, termasuk juga sisi pergelangannya, membengkak

Ini dapat jadi sinyal kalau jantung Anda tak memompa darah dengan cara efisien seperti harusnya.

Saat jantung tidak bisa memompa dengan cukup cepat, darah bakal berbalik arah serta mengakibatkan pembengkakan.

Tidak berhasil jantung dapat juga bikin ginjal lebih susah buang kelebihan cairan dari pada badan hingga menyebabkan pembengkakan di ruang badan sisi bawah.

11. Detak jantung tak normal

Berdebar-debar yaitu reaksi jantung yang normal waktu Anda tengah gugup atau sangat senang. Tetapi, bila Anda terasa jantung berdebar tanpa ada sebab yang pasti serta debaran berjalan kian lebih sebagian detik dan kerapkali berlangsung, selekasnya beritahu dokter Anda.

” Dalam banyak masalah, hal semacam itu dapat dikarenakan oleh suatu hal yang gampang untuk melakukan perbaikan, seperti terlalu banyak cafein atau kurang tidur, ” kata Bufalino.

Namun terkadang, hal itu dapat juga jadi tandanya keadaan yang dimaksud fibrilasi atrial yang butuh kontrol selanjutnya oleh dokter ahli jantung.

Fibrilasi atrial yaitu kelainan detak jantung. Sepanjang AF, atrium tak memompa semuanya darah mereka ke ventrikel serta sisi badan yang lain, hingga berisiko berlangsung stroke atau gagal jantung.

sumber : kompas

About Alat Bekam Murah

Admin AlatBekamMurah.Com HP : +6289671686027, BB : 2bc076b7

Check Also

Berhubungan Seksual Ketika Sudah Tua

Siapa katakan pasangan suami istri tidak butuh berhubungan seksual ketika sudah tua? Berdasar pada riset, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Halo, klik salah satu CS di bawah untuk menghubungi kami

Klik utk chat via WhatsApp
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.