Wednesday , July 25 2018
Home / Artikel Kesehatan / Dampak Buruk Dendam Bagi Kesehatan

Dampak Buruk Dendam Bagi Kesehatan

Masing-masing orang pasti pernah bermasalah dengan orang lain hingga tak jarang muncullah dendam kepada orang yang bersangkutan. Jika itu yang Anda rasakan, sebaiknya hilangkanlah perasaan dendam dalam hati karena tak disadari, menyimpan dendam pun berpengaruh buruk pada kesehatan.

“Banyak studi menunjukkan bahwa menyimpan dendam serta senantiasa berperasaan negatif berakibat buruk bagi kesehatan mental Anda seperti gangguan kecemasan dan frustasi,” tutur psikolog klinis dr Seth Meyers PsyD.

Dalam jurnal Psychological Science misalnya, ditemukan ketika peserta studi memikirkan perilaku jahat orang lain, mereka memiliki kekuatan emosi negatif dan respons stres yang lebih besar dilihat dari denyut nadi dan tekanan darah yang lebih tinggi.

“Justru dengan memberi maaf perasaan kita jadi tidak stres. Selama ini dianggap dendam hanya ada di pikiran dan mental kita tetapi tubuh kita pun akan terpengaruh,” tutur dr Meyer dikutip dari laman drsethrelationshipexpert.com, Jumat (19/9/2014).

Ia menambahkan, berdasarkan penelitian dari Medical College of Georgia, orang-orang yang mengaku memiliki dendam selama bertahun-tahun mengalami peningkatan risiko beberapa masalah kesehatan termasuk penyakit jantung, hipertensi, mag, sakit punggung, dan sakit kepala.

Agar tak mudah mendendam, dr Meyer mengatakan ketika ada masalah dengan seseorang, pastikan dulu apakah orang tersebut sangat berarti untuk Anda. Jika ya, ada baiknya bicarakan apa yang membuat Anda kesal, kecewa, dan marah hingga memiliki dendam pada orang itu.

Sebaliknya, jika orang tersebut dirasa tidak terlalu berpengaruh pada hidup Anda, dr Meyer menyarankan maafkanlah orang tersebut. Meskipun diakui dr Meyer memaafkan seseorang memang sulit.

“Setidaknya tak usah dipikirkan lagi orang tersebut dan tetap jalin hubungan baik dengannya. Jika memang Anda masih kesal jika bertemu dengan dia, berusahalah menghindar sementara. Masih banyak hal lain yang sebaiknya Anda pikirkan,” tegas dr Meyer.

sumber

About Alat Bekam Murah

Admin AlatBekamMurah.Com HP : +6289671686027, BB : 2bc076b7

Check Also

Minum Air Sebelum Makan, Sehatkah ?

Minum air dalam jumlah banyak sah-sah saja dikerjakan, asal tidak berdekatan dengan saat makan, umpamanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Halo, klik salah satu CS di bawah untuk menghubungi kami

Klik utk chat via WhatsApp
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.