Thursday , July 26 2018
Home / Artikel Kesehatan / Manfaat Tempe Sebagai Makanan Pendamping ASI atau MP ASI

Manfaat Tempe Sebagai Makanan Pendamping ASI atau MP ASI

Manfaat Tempe Sebagai Makanan Pendamping ASI atau MP ASI – Tempe juga sebagai sumber daya lokal dan warisan budaya punya potensi jadi sumber gizi untuk menghimpit masalah kurang gizi. Karenanya, tempe harusnya bisa dijadikan juga sebagai unsur makanan pendukung air susu ibu untuk bayi mulai sejak umur 6 bulan

Anggota Komisi Pengetahuan Rekayasa Akademi Pengetahuan Pengetahuan Indonesia (AIPI) Purwiyatno Hariyadi menuturkan hal semacam itu di Jakarta, Kamis (4/12). ”Tempe juga sebagai makanan asli Indonesia dapat dipakai untuk mengatasi permasalahan anak stunting (bertubuh pendek), ” tuturnya.

Berdasar pada Penelitian Kesehatan Basic 2013, prevalensi pendek di Indonesia pada 2013 meraih 37, 2 %, bertambah dibanding th. 2010 (35, 6 %) serta 2007 (36, 8 %). Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), permasalahan kesehatan orang-orang dikira berat bila prevalensi pendek 30-39 %.

Menurut Purwiyatno, potensi pemakaian tempe kuat dikarenakan dari beragam hasil penelitian, tempe memiliki kandungan zat bergizi, sebagaimana protein serta zat besi. Jadi, pemberian tempe butuh sedini bisa saja, diikutkan pada makanan pendukung air susu ibu (MP ASI) pada bayi enam bln. yang telah tidak dalam saat ASI eksklusif.

Berkenaan hal semacam itu, orang-tua baiknya memprioritaskan sumber makanan alami dibanding MP ASI buatan pabrik. Makanan pendamping ASI yaitu makanan atau minuman bergizi yang didapatkan pada bayi umur 6-24 bln.. Bersamaan menambahnya umur, ASI semakin tidak mencukupi untuk penuhi keperluan gizi bayi.

Diluar itu, pemberian tempe mulai sejak awal bakal bikin bayi mengetahui serta punya kebiasaan dengan rasa tempe hingga mengkonsumsi tempe membudaya. Hal semacam itu perlu supaya tempe terus jadi kekayaan kuliner sehat punya bangsa Indonesia.

”Tempe dapat dibuktikan bagus mulai sejak dahulu, mengapa tidak diberikan mulai sejak awal, ” tutur Purwiyatno. Bila menyebabkan permasalahan kesehatan, tempe semestinya tidak bertahan sampai beberapa ratus th..

Nilai lebih

Bila sudah membudaya, tehnologi pemrosesan tempe dapat berkembang lebih jauh hingga tingkatkan nilai lebih produk makanan itu. Menurut Purwiyatno, dengan potensi faedah kompleks, tempe dapat dijadikan produk bentuk lain, sebagaimana obat serta kosmetik, melalui sistem rekayasa tehnologi.

Peneliti tempe sekalian guru besar Fakultas Tehnologi Pertanian Kampus Gadjah Mada, Mary Astuti, mengungkap, mulai sejak beberapa puluh th. lantas, tempe di teliti untuk temukan potensi manfaat untuk kesehatan. Potensi itu diantaranya untuk pencegahan dan perlakuan diare, anemia, serta anti kanker.

Ia mencontohkan, di Yogyakarta, tempe diberikan sepanjang penyembuhan diare pada anak. ”Di Rumah Sakit Sardjito serta Rumah Sakit Wirosaban, bubur tempe diberikan untuk mempercepat pengobatan diare anak-anak yang dirawat, ” ucapnya.

Ketua Komisi Pengetahuan Rekayasa AIPI FG Winarno meminta supaya hasil-hasil penelitian tempe dikoleksi serta diarsipkan. Itu untuk tunjukkan kekayaan kandungan tempe dan mempermudah sistem penelitian kelanjutan manfaat tingkatkan nilai lebih tempe

About Alat Bekam Murah

Admin AlatBekamMurah.Com HP : +6289671686027, BB : 2bc076b7

Check Also

Bahaya Kekenyangan

Berapakah kali Anda makan terlalu berlebih sampai terasa perut Anda penuh serta kekenyangan? Rutinitas makan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Halo, klik salah satu CS di bawah untuk menghubungi kami

Klik utk chat via WhatsApp
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.