Monday , July 30 2018
Home / Artikel Kesehatan / Mencegah Demam Berdarah Dengan 3 Langkah Plus

Mencegah Demam Berdarah Dengan 3 Langkah Plus

Mencegah Demam Berdarah Dengan 3 Langkah Plus – Di musim penghujan, beragam penyakit bermunculan. Satu diantaranya, demam berdarah dengue (DBD). DBD diakibatkan oleh virus Dengue yang ditularkan ke manusia lewat gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk itu gampang berkembang biak pada musim penghujan.

Karenanya, orang-orang mesti menghindari nyamuk berkembang biak dengan melindungi lingkungan yang bersih didalam ataupun luar rumah. Kementerian Kesehatan RI lewat siaran tertulisnya, Jumat (26/12/2014) juga mengimbau orang-orang lakukan Gerakan Jumat Bersih untuk memberantas sarang serta jentik nyamuk.

Gerakan menghindari demam berdarah itu mencakup aktivitas Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) lewat cara 3M Plus.

[alert style=”red”]

Pertama, yakni kuras beberapa tempat penampungan air sebagaimana bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air almari es.

Kedua, tutup rapat-rapat tempat penampungan air sebagaimana drum, kendi, toren air.

Ketiga, memakai kembali atau mendaur lagi barang sisa yang mempunyai potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular demam berdarah.

baca juga herbal demam berdarah

[/alert]

Disamping itu, kata Plus tujuannya yaitu usaha pencegahan penambahan. Salah satunya, menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang susah dibikin bersih, memakai obat nyamuk atau anti nyamuk, memakai kelambu waktu tidur, pelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, serta menanam tanaman pengusir nyamuk.

poster demam berdarah

Pencegahan yang lain yaitu dengan mengatur sinar serta ventilasi dalam rumah. Hal semacam ini agar hawa dalam rumah tak lembab. Lalu, janganlah menggantung baju didalam rumah yang dapat jadi tempat hinggapnya nyamuk.

Kementerian Kesehatan juga mengharapkan ada gotong royong warga untuk melindungi kebersihan ingkungan setempat

“Melalui program pemberdayaan orang-orang ini diinginkan beberapa ibu bisa bertindak untuk menggerakkan, berikan motivasi, mendorong, serta mengedukasi orang-orang tidak untuk buang sampah asal-asalan, melindungi kebersihan lingkungan, serta memonitor jentik nyamuk di lingkungannya, ” kata Theresia Irawati, Kepala Suku Bagian Kemitraan Pusat Promosi Kesehatan Kemenkes sekian waktu lalu.

Sampai sekarang ini belum ada obat ataupun vaksin untuk menahan seorang terserang DBD. Orang-orang juga mesti mengetahui tanda-tanda DBD agar tak terlambat diakukan.

Gejalanya diantaranya, demam tinggi mendadak selama seharian, nyeri kepala, nyeri waktu menggerakan bola mata, serta nyeri punggung. Kadang-kadang dibarengi pendarahan serta pada masalah yang lebih berat bisa menyebabkan nyeri pada ulu hati, perdarahan saluran cerna, syok, sampai kematian. Saat inkubasi penyakit ini biasanya 4 hingga 7 hari dan bisa hingga 14 hari.

Berdasar pada data Kemenkes th. 2014 sampai pertengahan bln. Desember ini, pasien DBD di Indonesia meraih 71. 668 orang. Sejumlah 641 salah satunya wafat dunia. Pasien DBD juga alami penurunan dari th. pada awal mulanya. Th. 2013, jumlah penderitanya meraih 112. 511 orang serta jumlah masalah wafat sejumlah 871.

Walau secara umum berlangsung penurunan masalah di banding th. pada awal mulanya, sebagian propinsi malah alami penambahan. Salah satunya, Sumatra Utara, Riau, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Bali serta Kalimantan Utara.

About Alat Bekam Murah

Admin AlatBekamMurah.Com HP : +6289671686027, BB : 2bc076b7

Check Also

Bahaya Kekenyangan

Berapakah kali Anda makan terlalu berlebih sampai terasa perut Anda penuh serta kekenyangan? Rutinitas makan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Halo, klik salah satu CS di bawah untuk menghubungi kami

Klik utk chat via WhatsApp
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.